Tata Cara Pendaftaran / Lamaran

A. TAHAPAN SELEKSI

  1. Seleksi Administrasi
    1. Panitia melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas administrasi sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
    2. Selanjutnya panitia menetapkan calon peserta yang memenuhi persyaratan administrasi untuk mengikuti seleksi berikutnya.
  2. Penelusuran Rekam Jejak Calon Peserta Seleksi
  3. Seleksi Kompetensi Manajerial
    1. Peserta akan mengikuti asesmen yang diselenggarakan oleh pihak ketiga;
    2. Tahapan tes berupa tes tertulis, Leaderless Group Discussion (LGD), dan Wawancara.
  4. Tes Kesehatan.
  5. Seleksi Kompetensi Teknis dan Kompetensi Sosial Kultural
    1. Peserta akan diuji kompetensi teknis dan sosial kultural dengan tes berupa pembuatan makalah/paper, presentasi makalah/paper, dan wawancara.
    2. Panitia seleksi akan mengumumkan 3 (tiga) besar calon Pejabat berdasarkan nilai akumulasi dari hasil seleksi kompetensi manajerial dan kompetensi teknis, dan menyampaikan hasil seleksi kepada Kepala Badan Informasi Geospasial.

B. PERSYARATAN UMUM

FORMASI SEKRETARIS UTAMA:

  1. Kualifikasi pendidikan minimal S-1 atau D-IV, diutamakan S-2 atau setara;
  2. Sekurang-kurangnya berpangkat Pembina Utama Muda (IV/c);
  3. Memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural sesuai standar kompetensi jabatan.
  4. Pernah atau sedang menduduki jabatan struktural serendah-rendahnya Jabatan (Eselon II) atau jabatan fungsional tertentu dengan jenjang ahli utama, minimal selama 2 (dua) tahun;
  5. Memiliki pengalaman terkait tugas dan fungsi jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 7 (tujuh) tahun;
  6. Berusia maksimal 58 (lima puluh delapan) tahun pada tanggal 1 Oktober 2018;
  7. Setiap unsur Penilaian Prestasi Kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
  8. Sehat jasmani dan rohani;
  9. Tidak sedang dalam proses penyelesaian pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat;
  10. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi pengurus/anggota partai politik atau organisasi kemasyarakatan yang dilarang pemerintah;
  11. Telah menyerahkan LHKPN / LHKASN;
  12. Telah menyerahkan SPT tahunan (1 tahun terakhir);
  13. Menyampaikan daftar riwayat hidup lengkap yang meliputi riwayat pendidikan, pekerjaan, pencapaian dan penghargaan, penugasan, dan aktivitas sosial (jika ada);
  14. Memperoleh persetujuan atasan/Pejabat Pembina Kepegawaian; dan
  15. Bersedia mengikuti keseluruhan proses dan mematuhi tata tertib seleksi.

FORMASI KEPALA BIRO PERENCANAAN, KEPEGAWAIAN DAN HUKUM:

  1. Kualifikasi pendidikan minimal S-1, diutamakan S-2atau setara;
  2. Sekurang-kurangnya berpangkat Pembina Tingkat I (IV/b);
  3. Memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural sesuai dengan standar kompetensi jabatanKepala Biro Perencanaan, Kepegawaian dan Hukum;
  4. Pernah atau sedang menduduki jabatan struktural serendah-rendahnya Jabatan  (Eselon III)atau jabatan fungsional tertentu dengan jenjang ahli madya, minimal selama 2 (dua) tahun;
  5. Memiliki pengalaman terkait tugas dan fungsi jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 5 (lima) tahun;
  6. Berusia maksimal 56 (lima puluh enam) tahun pada tanggal 1 Oktober2018;
  7. Setiap unsur Penilaian Prestasi Kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
  8. Sehat jasmani dan rohani;
  9. Tidak sedang dalam proses penyelesaian pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat;
  10. Tidak memiliki afiliasi dan / atau menjadi pengurus / anggota partai politik atau organisasi kemasyarakatan yang dilarang pemerintah;
  11. Telah menyerahkan LHKPN (1 tahun terakhir) / LHKASN(pada jabatan terakhir);
  12. Telah menyerahkanSPT tahunan (1 tahun terakhir);
  13. Menyampaikan daftar riwayat hidup lengkap yang meliputi riwayat pendidikan, pekerjaan, pencapaian dan penghargaan, penugasan, dan aktivitas sosial (jika ada);
  14. Memperoleh persetujuan atasan/Pejabat Pembina Kepegawaian; dan
  15. Bersedia mengikuti keseluruhan proses dan mematuhi tata tertib seleksi.

C. PERSYARATAN KHUSUS

FORMASI SEKRETARIS UTAMA:

Menyusun Statement of Purpose yang diunggah ke dalam laman http://pansel.big.go.id pada saat pendaftaran yang meliputi visi, misi, grand design dan rencana aksi terkait supporting process BIG untuk mendukung business process penyelenggaraan Informasi Geospasial, sehingga BIG mampu memiliki output dan outcome yang mendukung program pembangunan nasional.

FORMASI KEPALA BIRO PERENCANAAN, KEPEGAWAIAN DAN HUKUM:

Menyusun Statement of Purpose yang diunggah ke dalam sistem pada saat pendaftaran yang meliputi pemahaman proses bisnis penyelenggaraan Informasi Geospasial, pengelolaan e-gov (sistem perkantoran) dalam rangka mendukung pengelolaan manajemen kinerja (SAKIP, LAKIP dan LAKIN), pembinaan jabatan fungsional surveyor pemetaan secara nasional, menyampaikan ide/gagasan/konsep dalam rangka mendukung program Reformasi Birokrasi di lingkungan BIG dan melakukan koordinasi kebijakan (perencanaan program dan kegiatan, anggaran, hukum  dan SDM) antar lembaga

D. KETENTUAN PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran dimulai tanggal 18 Juli 2018 (untuk formasi sekretaris utama) dan tanggal 31 Juli 2018 (untuk formasi Kepala Biro PKH) secara daringpada laman Badan Informasi Geospasial dengan alamat http://pansel.big.go.id;
  2. Kandidat melakukan pendaftaran dan pengisian data hanya secara daringdan mengunggah (upload) semua dokumen yang diminta sesuai dengan langkah dan tata cara yang telah ditetapkan;
  3. Berkas pendaftaran yang harus dilampirkan adalah sebagai berikut:
    1. Surat lamaran yang ditandatangani dan bermeterai Rp.6000(dapat diunduh pada sistem);
    2. Daftar riwayat hidup yang ditandatangani dan bermaterai Rp.6000 (dapat diunduh pada sistem);
    3. Pakta Integritas yang ditandatangani dan bermeterai Rp.6000 (dapat diunduh pada sistem);
    4. Hasil pindai SK Pangkat terakhir;
    5. Hasil pindai SK Pengangkatan dalam jabatan dari awal menjabat hingga yang terbaru;
    6. Hasil pindai Ijazah S-1, S-2 dan S-3 (jika ada);
    7. Hasil pindai Penilaian Prestasi Kerja Pegawai dengan nilai minimal baik (2 tahun terakhir);
    8. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani serta Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah;
    9. Hasil pindai Bukti penyerahan LHKPN/LHKASN di jabatan terakhir;
    10. Surat Persetujuan Atasan/Pejabat Pembina Kepegawaian, yang dibubuhi Meterai 6000 (dapat diunduh pada sistem);
    11. Surat Pernyataan dari Pejabat yang Berwenang, bahwa tidak sedang dalam proses penyelesaian pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, yang dibubuhi Meterai Rp. 6000 (dapat diunduh pada sistem);
    12. Surat Pernyataan tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi pengurus/anggota partai politik atau organisasi kemasyarakatan yang dilarang pemerintah, yang dibubuhi Meterai Rp. 6.000 (dapat diunduh pada sistem);
    13. Hasil pindai bukti penyerahan SPT Tahunan (1 tahun terakhir);
    14. Hasil pindai KTP;
    15. Hasil pindai NPWP;
    16. Pas Photo terbaru berlatar belakang merah (cek kapasitas unggahan).
  4. Jenis file data yang diunggah adalah pdf, jpg, atau jpeg dengan besar maksimal setiap data 3 Mb

E. JADWAL SELEKSI

FORMASI SEKRETARIS UTAMA:

NO RENCANA KEGIATAN WAKTU
1 Pengumuman Pendaftaran 18 Juli 2018
2 Pendaftaran dan Penerimaan Berkas Lamaran 18 Juli 2018 – 7 Agustus 2018
3 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 9 Agustus 2018
4 Tes Kompetensi Manajerial 13 - 14 Agustus 2018
5 Pemeriksaan Kesehatan (medical check up) 15 Agustus 2018
6 Tes Kompetensi Teknis dan Sosial Kultural (Penulisan dan Presentasi Makalah, Wawancara) 16 Agustus 2018
7 Pengumuman 3 (tiga) terbaik 24 Agustus 2018
8 Pengajuan Hasil Penilaian Pansel Kepada Kepala BIG 24 Agustus 2018
9 Pengajuan Hasil Penilaian Pansel Kepada Sekretaris Kabinet (Presiden) 31 Agustus 2018

FORMASI KEPALA BIRO PERENCANAAN, KEPEGAWAIAN DAN HUKUM:

NO RENCANA KEGIATAN WAKTU
1 Pengumuman Pendaftaran 31 Juli 2018
2 Pendaftaran dan Penerimaan Berkas Lamaran 31 Juli 2018 – 21 Agustus 2018
3 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 27 Agustus 2018
4 Tes Kompetensi Manajerial 29 - 30 Agustus 2018
5 Pemeriksaan Kesehatan (medical check up) 31 Agustus 2018
6 Tes Kompetensi Teknis dan Sosial Kultural (Penulisan dan Presentasi Makalah, Wawancara) 3 September 2018
7 Pengajuan Hasil Penilaian Pansel Kepada Kepala BIG 6 September 2018
8 Pengumuman 3 (tiga) terbaik 7 September 2018
9 Pengajuan Hasil Penilaian Pansel ke KASN 7 September 2018

Catatan: Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah sesuai perkembangan dan akan diinformasikan pada laman http://pansel.big.go.id

F. KETENTUAN LAINNYA

  1. Dokumen/berkas administrasi yang akan diproses adalah dokumen/berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
  2. Dalam seleksi ini tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun;
  3. Seluruh biaya akomodasi, transport, kelengkapan administrasi, dan biaya pribadi selama proses seleksi ditanggung oleh peserta masing-masing;
  4. Keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
  5. Apabila dikemudian hari diketahui bahwa kandidat memberikan sesuatu dalam bentuk apapun dan sifatnya dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan dalam seleksi terbuka, maka Panitia Seleksi berhak membatalkan keikutsertaan kandidat tersebut;
  6. Apabila dikemudian hari diketahui kandidat memberikan data/keterangan yang tidak benar, maka Panitia Seleksi berhak membatalkan hasil seleksi;
  7. Seluruh pengumuman akan disampaikan melalui website http://pansel.big.go.id.
  8. Kelalaian tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab masing-masing peserta.