Tata Cara Pendaftaran / Lamaran

A. TAHAPAN SELEKSI

  1. Seleksi Administrasi
    1. Panitia melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas administrasi sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
    2. Selanjutnya panitia menetapkan calon peserta yang memenuhi persyaratan administrasi untuk mengikuti seleksi berikutnya.
  2. Penelusuran Rekam Jejak Calon Peserta Seleksi
  3. Seleksi Kompetensi Manajerial
    1. Peserta akan mengikuti asesmen yang diselenggarakan oleh pihak ketiga;
    2. Tahapan tes berupa tes tertulis, Leaderless Group Discussion (LGD), dan Wawancara.
  4. Tes Kesehatan.
  5. Seleksi Kompetensi Teknis dan Kompetensi Sosial Kultural
    1. Peserta akan diuji kompetensi teknis dan sosial kultural dengan tes berupa pembuatan makalah/paper, presentasi makalah/paper, dan wawancara.
    2. Panitia seleksi akan mengumumkan 3 (tiga) besar calon Pejabat berdasarkan nilai akumulasi dari hasil seleksi kompetensi manajerial dan kompetensi teknis, dan menyampaikan hasil seleksi kepada Kepala Badan Informasi Geospasial.

B. PERSYARATAN UMUM

FORMASI KEPALA PUSAT PEMETAAN KELAUTAN DAN LINGKUNGAN PANTAI:

  1. Kualifikasi pendidikan minimal S-1, diutamakan S-2;
  2. Sekurang-kurangnya berpangkat Pembina Tingkat I (IV/b);
  3. Memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural sesuai dengan standar kompetensi jabatan Kepala Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai;
  4. Pernah atau sedang menduduki jabatan struktural serendah-rendahnya Jabatan  (Eselon III)atau jabatan fungsional tertentu dengan jenjang ahli madya, minimal selama 2 (dua) tahun;
  5. Memiliki pengalaman terkait tugas dan fungsi jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 5 (lima) tahun;
  6. Berusia maksimal 56 (lima puluh enam) tahun pada tanggal 1 Januari 2019;
  7. Setiap unsur Penilaian Prestasi Kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
  8. Sehat jasmani dan rohani;
  9. Tidak sedang dalam proses penyelesaian pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat;
  10. Tidak sedang memiliki afiliasi dan / atau menjadi pengurus / anggota partai politik atau organisasi kemasyarakatan yang dilarang pemerintah;
  11. Telah menyerahkan LHKPN / LHKASN;
  12. Telah menyerahkan SPT tahunan (1 tahun terakhir);
  13. Menyampaikan daftar riwayat hidup lengkap yang meliputi riwayat pendidikan, pekerjaan, pencapaian dan penghargaan, penugasan, dan aktivitas sosial (jika ada);
  14. Memperoleh persetujuan atasan/Pejabat Pembina Kepegawaian; dan
  15. Bersedia mengikuti keseluruhan proses dan mematuhi tata tertib seleksi.

C. PERSYARATAN KHUSUS

FORMASI KEPALA PUSAT PEMETAAN KELAUTAN DAN LINGKUNGAN PANTAI:

Menyusun Statement of Purpose yang diunggah ke dalam pada saat pendaftaran yang meliputi pemahaman bisnis proses penyelenggaraan Informasi Geospasial dan visi dan misi pribadi dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi sebagaimana tercantum dalam poin II dan III.

D. KETENTUAN PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran dimulai tanggal 19 November 2018 secara online pada laman http://pansel.big.go.id;
  2. Kandidat melakukan pendaftaran dan pengisian data hanya secara online dan mengunggah (upload) semua dokumen yang diminta sesuai dengan langkah dan tata cara yang telah ditetapkan;
  3. Berkas pendaftaran yang harus dilampirkan adalah sebagai berikut:
    1. Hasil pindai surat lamaran yang ditandatangani dan bermeterai Rp6.000 (dapat diunduh pada sistem);
    2. Hasil pindai daftar riwayat hidup yang ditandatangani dan bermeterai Rp6.000 (dapat diunduh pada sistem);
    3. Hasil pindai Pakta Integritas yang ditandatangani dan bermeterai Rp6000 (dapat diunduh pada sistem);
    4. Hasil pindai SK Pangkat terakhir;
    5. Hasil pindai SK Pengangkatan dalam jabatan dari awal menjabat hingga yang terbaru;
    6. Hasil pindai Ijazah S-1 dan S-2 (jika ada);
    7. Hasil pindai Penilaian Prestasi Kerja Pegawai dengan nilai minimal baik (2 tahun terakhir);
    8. Hasil pindai surat Keterangan Sehat Jasmani, Rohani, dan Bebas Narkoba 3 (tiga) bulan terakhir dari Unit Pelayanan Kesehatan Pemerintah.
    9. Bukti penyerahan LHKPN/LHKASN di jabatan terakhir;
    10. Hasil pindai surat Persetujuan Atasan/Pejabat Pembina Kepegawaian, yang dibubuhi Meterai Rp6.000 (dapat diunduh pada sistem);
    11. Hasil pindai surat Pernyataan dari Pejabat yang berwenang, bahwa tidak sedang dalam proses penyelesaian pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, yang dibubuhi Meterai Rp6.000 (dapat diunduh pada sistem);
    12. Hasil pindai surat Pernyataan tidak sedang memiliki afiliasi dan / atau menjadi pengurus / anggota partai politik atau organisasi kemasyarakatan yang dilarang pemerintah, yang dibubuhi Meterai Rp6.000 (dapat diunduh pada sistem);
    13. Bukti penyerahan SPT Tahunan (1 tahun terakhir);
    14. Hasil pindai KTP;
    15. Hasil pindai NPWP;
    16. Hasil pindai/softcopy Pas Photo terbaru berlatar belakang merah.
  4. Jenis file data yang diunggah adalah pdf, jpg, atau jpeg dengan besar maksimal setiap data 3 Mb

E. JADWAL SELEKSI

FORMASI KEPALA PUSAT PEMETAAN KELAUTAN DAN LINGKUNGAN PANTAI:

NO RENCANA KEGIATAN WAKTU
1 Pengumuman Pendaftaran 19 November 2018
2 Pendaftaran dan Penerimaan Berkas Lamaran 19 November – 3 Desember 2018
3 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 6 Desember 2018
4 Tes Kompetensi Manajerial 10 - 11 Desember 2018
5 Pemeriksaan Kesehatan (medical check up) 12 - 13 Desember 2018
6 Tes Kompetensi Teknis dan Sosial Kultural (Penulisan dan Presentasi Makalah, Wawancara) 14 - 17 Desember 2018
7 Pengajuan Hasil Penilaian Pansel Kepada Kepala BIG 20 Desember 2018
8 Pengumuman 3 (tiga) terbaik 20 Desember 2018
9 Pengajuan Hasil Penilaian Pansel ke KASN 20 Desember 2018

Catatan: Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah sesuai perkembangan dan akan diinformasikan pada laman http://pansel.big.go.id

F. KETENTUAN LAINNYA

  1. Dokumen/berkas administrasi yang akan diproses adalah dokumen/berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
  2. Dalam seleksi ini tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun;
  3. Seluruh biaya akomodasi, transport, kelengkapan administrasi, dan biaya pribadi selama proses seleksi ditanggung oleh peserta masing-masing;
  4. Keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
  5. Apabila dikemudian hari diketahui bahwa kandidat memberikan sesuatu dalam bentuk apapun dan sifatnya dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan dalam seleksi terbuka, maka Panitia Seleksi berhak membatalkan keikutsertaan kandidat tersebut;
  6. Apabila dikemudian hari diketahui kandidat memberikan data/keterangan yang tidak benar, maka Panitia Seleksi berhak membatalkan hasil seleksi;
  7. Seluruh pengumuman akan disampaikan melalui website http://pansel.big.go.id.
  8. Kelalaian tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab masing-masing peserta.